• Elis Vita Aries Santhi, S.Si.
  • Sains
  • 2021-07-19 12:22:47
Yuk Kenal dengan Asap Putih yang Selalu Menjadi Perhatian Ini

Apabila kita membeli makanan minuman dingin lainnya dalam jumlah banyak, biasanya disertai sesuatu berwarna putih, berasap, yang mirip es batu di luar kemasannya. Itulah dry ice atau es kering.

Sebenarnya, es kering itu apa, ya?

                            Gambar 1. Es Kering dalam Makanan Kemasan

 

                    Gambar 2. Es Kering Digunakan untuk Mempertahankan Suhu Produk Tetap Dingin Atau Beku

 

Es Kering adalah Karbon Dioksida Padat

Es kering itu bukanlah air yang dibekukan, melainkan karbon dioksida yang sudah dipadatkan. Kabon dioksida padat ini sangat baik digunakan sebagai pendingin makanan pada waktu diangkut dalam jarak jauh. Sebab, es kering cukup mudah dibuat dengan temperatur suhunya yang cukup rendah, sekitar – 78,5 derajat Celsius. Dibandingkan dengan es batu, es kering ini lebih baik, karena lebih dingin dan lebih padat. Karena suhunya yang luar biasa dingin itu, kita juga tidak bebas memegang es kering dengan tangan kosong. Sebab, dapat membuat tangan kita perih dan kedingingan (frostbite).

              Gambar 3. Es Kering Berbentuk Bongkahan
 

Menguap Jika Terkena Udara

Bila terkena udara, es kering akan melepaskan gas karbon dioksida, bukan mencair. Jika es kering menguap dan melepaskan gas karbon dioksida, akan memberikan efek berkabut. Sebab itu, selain sebagai pendingin, es kering juga sering digunakan untuk menghasilkan kabut buatan dalam berbagai pertunjukan seni atau dekorasi.

 

Jumlah yang Banyak Es Kering Dapat Menyebabkan Afiksi

Pada umumnya, es kering merupakan senyawa yang tidak berbahaya. Namun, dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan afiksi akibat kekurangan oksigen. Di mana afiksi adalah gangguan dalam pengangkitan oksigen (O2) ke jaringan tubuh.

 

Mengapa Es Kering Dapat Menyebabkan Kematian?

Pertama, kita perlu tahu apa itu es kering. Es kering bukanlah air yang dibekukan menjadi es. Melainkan karbon dioksida yang dipadatkan. Bentuknya seperti butiran-butiran es batu dan dinginnya juga seperti es beku.

Kalau butiran-butiran padat ini dibiarkan di udara terbuka, ia akan menguap menjadi gas lagi, sambil menyerap panas dari udara sekelilingnya, sampai udara sekelilingnya jadi dingin sekali. Titik sublimasinya - 78,9° C, sehingga keampuhannya mendinginkan jauh lebih besar daripada es air biasa. Dan bagusnya lagi, tidak menyebabkan wadah menjadi basah. Karena itu, "es" ini pun dipanggil "kering".

Es kering yang mengandung karbon dioksida beku dan menghasilkan uap berat saat dimasukkan ke dalam air. Lalu uap dapat meningkatkan tingkat karbon dioksida dalam darah ketika dilepaskan di area yang tidak berventilasi. Artinya kita bisa keracunan karbon dioksida. Jika seseorang keracunan karbon dioksida, maka dia bisa mengalami mual, muntal, pusing, sakit kepala, dan detak jantungnya meningkat. Dalam beberapa kasus berat, korban dapat terjadi kejang, koma, hingga kematian.

Contoh kasus berat yang menyebabkan kematian menimpa salah satu selebram memberikan yaitu ketika memasukan masukkan es kering  ke dalam kolam renang sangat banyak (25 kg) dan lokasinya tertutup (kolam renang indoor) sehingga tidak ada udara lain di sekitarnya dan membuat korban lebih banyak menghirup karbon dioksida. Hal ini tentunya memberikan pelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam bertindak terutama bila akan kontak dengan benda yang tidak kita ketahui asal usulnya.

Kita bahas lebih serius lagi, ya, yaitu tentang bahaya lain yang bisa muncul dan bisa dikatakan ini hal yang dianggap sepele padahal sangat dangerous loh karena ketidaktahuan kita. So penulis harap, kita more pay attention sama si es kering yang keliatan cool banget

a. Frostbite Es Kering
Es kering sangat dingin. Kontak langsung dengan kulit akan membunuh sel-sel kulit sehingga kita akan mendapatkan radang dingin, bagaikan terbakar. Hanya butuh waktu beberapa detik untuk terbakar, jadi sebaiknya gunakan penjepit atau sarung tangan saat menangani es kering. 
Jangan pernah berpikir untuk makan es kering. Jika kalian lapar, makanlah makanan lain yang bergizi. Jangan pernah tertarik dengan bentuk dan aura es kering yang sangat menggemaskan ini. Memang indah dipandang mata, namun menyakit jika dimakan.
Jika kalian menggunakannya untuk mendinginkan minuman, berhati-hatilah agar tidak sengaja memasukan sepotong es kering ke mulut atau secara tidak sengaja menelan beberapa bijih es kering. 
Meskipun kita tidak bisa makan es kering, kita masih bisa menggunakannya sebagai hiasan untuk makanan.
Es kering dapat membentuk gas karbon dioksida melalui proses sublimasi. Meskipun karbon dioksida tidak beracun, namun kehadirannya bisa mengubah komposisi kimiawi udara. 
Persentase oksigen yang tersedia menjadi lebih rendah karena digeser oleh CO2. Bukan suatu masalah jika berada di area yang memiliki ventilasi baik, tetapi akan menimbulkan masalah jika berada di ruang tertutup.
Selain itu, gas karbon dioksida yang dingin dapat meresap atau merayap melalui lantai ruangan. Peningkatan konsentrasi karbon dioksida cenderung menjadi masalah pada hewan peliharaan dan anak-anak, daripada orang dewasa. 
Hal ini disebabkan, keduanya memiliki metabolisme yang lebih tinggi dan lebih dekat ke lantai, yang konsentrasi karbon dioksida paling tinggi.
 
b. Bahaya Ledakan
Es kering tidak mudah terbakar atau mudah meledak. Namun perubahan dari padatan menjadi gas, bisa memberikan tekanan yang kuat. 
Jika es kering ditempatkan dalam wadah tersegel, terdapat risiko pecahnya wadah. Tekanan yang kuat bisa membuat wadah penympanan pecah dan terbelah seperti bom.
Bom es kering menghasilkan suara yang sangat keras. Selain itu, beberapa potong wadah dan es kering bisa beterbangan kemana-mana. Hal ini bisa berbahaya bagi pendengaran, dan mungkin terluka karena potongan wadah atau wadahnya yang beterbangan.
Demi tujuan pendidikan atau hiburan, beberapa orang sering membuat bom es kering. Meskipun legal, namun perangkat ini berbahaya untuk dibuat dan digunakan. Harus berhati-hati ketika membuat dan menggunakan bom es kering. Selain itu, pengawasan orang dewasa sangat diperlukan.
Untuk menghindari terjadinya ledakan es kering, sebaiknya jangan menyegel es kering di botol, toples, ataupun wadah tertutup lainnya. Cukup diletakan atau ditempatkan dalam kantong kertas di kulkas atau freezer atau di pendingin tanpa segel yang ketat.

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.