• Surahman, S.Pd.
  • Kewirausahaan
  • 2021-01-09 09:37:59

Apa Itu Kewirausahaan & Tips Mengembangkannya

TIPS BERBISNIS

Kewirausahaan bisa diartikan sebagai usaha atau bisnis yang dimulai dengan berani.

Menurut salah satu ahli ekonomi dunia yakni Thomas Zimmerer, kewirausahaan adalah proses untuk menerapkan kreativitas dan inovasi sehingga dapat mengatasi masalah yang ada dan dapat menjadi peluang bisnis. 

Sehingga, pengertian kewirausahaan adalah proses untuk mengidentifikasi segala masalah dalam kehidupan dan mengembangkannya untuk menemukan solusi yang tepat sehingga dapat mewujudkan visi dan misi hidup.

Dalam menjalankan usaha, terdapat berbagai macam faktor yang bisa menentukan kesuksesan usaha tersebut, yakni modal, tenggang waktu, risiko, serta sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu dalam proses menjalankan usaha.

Ciri-Ciri Kewirausahaan

Setiap orang yang ingin berwirausaha pasti harus memiliki jiwa kewirausahaan sebelum memulai suatu bisnis dalam bidang apapun. Tanpa adanya jiwa kewirausahaan yang tinggi, bisnis yang tengah Anda rintis bisa saja berhenti bahkan bangkrut hanya karena penyebab yang sepele. Berikut beberapa ciri seorang pengusaha yang harus Anda ketahui. 

1. Berani Bermimpi Besar

Berbeda dari orang lain yang memiliki mimpi biasa-biasa saja, seorang wirausahawan harus memiliki mimpi besar yang out of the box dan berani untuk berpikir anti-mainstream untuk mencapai mimpi mereka tersebut.

Sifat yang dimiliki seorang wirausahawan ini juga digambarkan dengan kemampuan dan keberanian untuk mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman sebelum mencoba suatu usaha tanpa takut akan risiko kerugian. 

2. Kemampuan Analisis Pasar

Sebelum memulai usaha, seorang wirausahawan tentu harus mampu menentukan produk atau jasa apa yang ingin mereka tawarkan. Mereka juga harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan peluang usaha apa yang tepat dan bisa laku di pasaran.

Oleh karena itu, seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan analisis pasar yang baik sebagai salah satu jiwa pengusaha sejati.

Seorang wirausahawan juga harus memperhitungkan segala macam risiko, mulai dari persaingan, untung rugi, hingga nilai jual barang atau jasa yang ingin mereka tawarkan.  Contohnya seperti mengenali tren minuman kekinian yang sedang banyak disukai oleh pelanggan, kemudian lihat kesempatan untuk memulai usaha sejenis di lokasi yang cukup ramai.

3. Berjiwa Pemimpin 

Seorang wirausahawan harus memiliki jiwa pemimpin untuk mengambil segala keputusan dengan tepat dan cepat sehingga tidak memerlukan bantuan orang lain untuk sekedar mengambil keputusan. Apalagi, wirausahawan juga harus bisa memimpin pegawai dan bawahannya, sehingga jiwa pemimpin sangatlah dibutuhkan untuk mewujudkan bisnis yang sukses.

Selain itu, seseorang yang memiliki jiwa pemimpin juga harus tegas dan tidak konsumtif agar bisnis yang tengah dirintis bisa berkembang dengan maksimal dengan keuntungan yang dijadikan sebagai modal. 

4. Disiplin

Salah satu hal terpenting yang dibutuhkan dalam berwirausaha adalah disiplin dalam memenuhi segala macam target dan segala macam aturan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Disiplin ini bisa diwujudkan dalam banyak hal, seperti disiplin waktu, disiplin dalam keuangan, dan disiplin dalam berbagai hal lainnya.

Tanpa kedisiplinan, waktu, tenaga dan uang Anda pasti akan terbuang percuma dan usaha Anda tidak akan berjalan semestinya. 

5. Konsisten terhadap Keputusan

Menjalankan usaha membutuhkan konsistensi yang tinggi dalam menjalankan keputusan yang dibuat. Tanpa konsistensi, pasti keputusan yang dibuat bisa berubah-ubah dan malah tidak berdampak baik bagi bisnis Anda.

Pastikan Anda mengambil keputusan dengan melakukan perhitungan serta pertimbangan antara keuntungan dan kerugian serta risiko yang bisa timbul akibat adanya keputusan tersebut. Dengan menerapkan keputusan dengan konsisten, hasil yang didapatkan pun pasti akan semakin baik dan maksimal dalam mencapai tujuan. 

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.