• Susan Octriana, S.Pd.
  • Umum
  • 2019-05-15 09:12:57

Max adalah individu yang polos dan belum terpengaruh oleh lingkungan apa pun. Ketika Max memasuki wilayah yang luas, maka Max mulai terpengaruh perilakunya. Bagaimana cara terapeutikbekerja? 

Seorang konselor harus memiliki komunikasi yang baik. Konselor harus mengerti apa yang dibutuhkan oleh kliennya dengan itu konselor dapat membantu memecahkan masalah klien. 

Lalu konselor harus membangun kepercayaan antara dirinya dan klien untuk membuat rasa aman dan nyaman saat bercerita antara klien dan konselor. Kepedulian akan masalah seorang klien sangat penting. 

Setelah membangun hubungan baik, tahap selanjutnya adalah tahap pengumpulan informasi terkait masalah yang dialami klien dan yang membuatnya menjadi pribadi yang tidak baik. 

Tahap yang selanjutnya yaitu tahap penyelesaian masalah. Konselor harus bisa membuat jalan alternatif untuk memecahkan masalah kliennya. Membuat kliennya percaya diri, melakukan hal-hal positif, kemandirian dan rasa bertanggung jawab.

Tahap yang tidak kalah pentingnya yaitu teknik empati. Seorang konselor harus bisa menahan amarahnya untuk menghakimi kliennya, karena semakin seorang konselor mengerti masalah kliennya, semakin ia merasakan apa yang dirasakan kliennya. 

@kompasania

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.