• Wulan Nafesa Septine, S.T.,MMSI.
  • Pemrograman
  • 2019-10-08 07:53:26

Struktur atau arsitektur basis data merupakan serangkaian pengetahuan tentang komponen penyusun data beserta hubungan komponen tersebut. Representasi struktur basis data diwujudkan dalam pemodelan data.

Struktur tersebut meliputi File, table, field, record indeks, abstraksi data dan serangkaian konsep yang digunakan untuk membuat diskripsi struktur basis data. Abstraksi data merupakan suatu pendekatan dalam menggambarkan suatu data. Abstraksi data dapat diwujudkan dalam suatu skema basis data.

Skema basis data merupakan diskripsi dari basis data yang spesifikasinya ditentukan dalam tahap perancangan. Skema ini digunakan untuk memisahkan antara fisik basis data dan program aplikasi pemakai.

Arsitektur yang sering digunakan untuk membuat abstraksi data adalah arsitektur tiga skema yang meliputi tiga level yaitu:

1) Level Internal atau skema internal.

2) Level Konseptual atau skema konseptual

3) Level eksternal (skema eksternal atau view).

pemodelan data dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

1) Object based logical model dan

2) Record-based logical model.

Skema atau level Konseptual data menjelaskan tentang entitas, atribute, key dan relasi antar entitas. Entitas adalah obyek yang mewakili sesuatu dalam dunia nyata dan dapat dibedakan antara satu dengan lainnya (unique). Attribute merupakan karakteristik dari entitas atau relationship. Key adalah merupakan suatu atribut yang menandakan kunci dari suatu entitas yang bersifat unik Physical data merupakan suatu konsep bagaimana diskripsi detail data disimpan dalam sebuah komputer. Physical data menjelaskan definisi data yang meliputi nama atribut, type data (misalnya varchar, integer dll), size atau ukurannya data. Setiap DBMS mempunyai aturan-aturan tersendiri dalam membuat definisi, struktur basis data dan tipe data yang digunakan.

Model struktur basis data

https://4.bp.blogspot.com/-RZJ_7jJ8ZjY/WY1Z5jekwhI/AAAAAAAAAEQ/6WtgJsndEmcb6OBbgHxFeYzGIMgx4-h5gCEwYBhgL/s400/struktur%2Bhirarki%2Bbasis%2Bdata.png 

1. Model Hirarki

Model ini menggunakan pola hubungan orang tua-anak (Parent-child). Setiap orang tua bisa memiliki satu (hubungan 1:1) atau beberapa anak (1:M), tetapi setiap anak hanya memiliki 1 orang tua.

https://4.bp.blogspot.com/-ny-7X0zu6X8/WY1Z8WB6SLI/AAAAAAAAAEM/XFqo_Wl0OmcNOAyt5Rl9nmI3xg6eRbWOwCEwYBhgL/s400/strukur%2Boneone.png 


2. Model Jaringan (Network)

Model jaringan menyerupai model hirarkis, dengan perbedaan suatu simpul anak bisa memiliki lebih dari satu orang tua. Oleh karena sifatnya yang demikian, model ini bisa menyatakan hubungan 1:1 (satu Orang tua punya satu anak), 1:M (satu orang tua punya banyak anak), maupun M:M (beberapa anak bisa mempunyai beberapa orang tua)

https://1.bp.blogspot.com/-LsMzM2bOpo0/WY1Z7ZJTkFI/AAAAAAAAAEI/ennd_rDNJesGKBVLc9zrYciXqLkIv2SAQCEwYBhgL/s400/struktur%2Bonemany.png 


3. Model Relasional
Model yang paling popular saat ini. Model ini menggunakan sekumpulan tabel berdimensi dua (yang disebut relasi atau tabel), dengan masing-masing relasi tersusun atas tuple dan atribut. Relasi dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghilangkan kemubaziran data dan menggunakan Field Kunci (Primary Key) untuk berhubungan dengan relasi lain.

https://2.bp.blogspot.com/-zZwSzxlFze0/WY1Z6VUo0nI/AAAAAAAAAEE/lZATvTJsXVAnMlGfcICTFgoZbeBxhKkEwCEwYBhgL/s400/struktur%2Bmanymany.png 

 

 

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.