• Fatmawati, S.I.Kom.
  • Pemrograman
  • 2021-04-01 08:19:14
Perulangan Repeat...until dalam Pascal

PERULANGAN REPEAT…UNTIL

 

Struktur ini mendasarkan pengulangan pada kondisi boolean. Aksi di dalam badan pengulangan diulang sampai kondisi boolean bernilai true.

Dengan kata lain, jika kondisi boolean masih false, pengulangan masih terus dilakukan. Karena proses pengulangan suatu saat harus berhenti, maka di dalam badan pengulangan harus ada aksi yang mengubah nilai variabel kondisi.

 Struktur REPEAT mempunyai makna yang sama dengan WHILE, dan dalam beberapa masalah kedua struktur tersebut komplemen satu sama lain.

Bentuk umum penulisan Repeat…until :

repeat

           aksi

until kondisi

 

Contoh

program repeat_until;

var

  i: integer;

begin

  i:= 1;

  repeat

    begin

      writeln('Rajin Pangkal Pandai');

      i:= i + 1;

    end;

  until i = 10;

end.

Perhatikan pada contoh diatas, terdapat dua perintah di dalam badan perulangan yaitu writeln(‘Rajin Pangkal Pandai’); dan i:= i + 1; kedua perintah ini yang nantinya akan terus di eksekusi selama kondisi masih bernilai false. Perulangan akan berhenti jika i = 10, artinya selama nilai i masih < 10 perulangan akan terus dikerjakan.

Harap di perhatikan nilai i harus di inisialisasi terlebih dahulu sebelum perulangan di laksanakan pertama kali. Pada contoh diatas nilai i diisi dengan nilai 1. Nantinya nilai i akan di cacah i:= i + 1; (nilai i akan ditambah 1 dalam setiap iterasi) sehingga jika i = 10, perulangan pasti dihentikan.

 

Add comment

Jl. Kali Abang Tengah, Perwira, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17122

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

Kategori Berita

© 2021 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.