• Susan Octriana, S.Pd.
  • Sosial
  • 2020-09-08 14:28:15

Media sosial sudah lekat dengan kehidupan kaum milenial. Segala hal dibagikan di media sosial mulai dari kegiatan rutin, pengalaman yang dilalui sampai hal yang bersifat personal.
Kebanyakan orang ingin terlihat eksis dan bahagia di media sosial. Oleh karena itu, kebanyakan postingan yang akan kita lihat merupakan postingan bersifat happy dari kehidupan orang lain. Mereka biasanya jarang mengunggah sesuatu yang bersifat sedih.

Tapi tak jarang juga sosial media menjadi ajang curhat si pemiliknya sehingga seluruh dunia bahkan orang yang tidak dikenal akan tahu perasaan atau masalah yang tengah dilaluinya saat itu.
Padahal dalam menggunakan media sosial, kita harus bijak dan bisa memilah apa yang boleh dan tidak boleh dibagikan kepada orang lain. Agar aman dan nyaman bersosial media, yuk lakukan 7 tips menggunakan media sosial dengan bijak berikut ini :

1. Tidak share info pribadi                                                      

Berhati-hatilah dalam membagikan info pribadi. Sebaiknya kamu menahan diri untuk share informasi tersebut seperti alamat rumah, nomer ponsel, kegiatan rutin kamu dan lain sebagainya yang sangat pribadi.

Jangan sampai informasi penting tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab melalu media sosial.

2. Jaga inner circle

Periksa lagi siapa follower atau temanmu di media sosial. Sebaiknya jangan menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak begitu kamu kenal. Lebih baik jaga inner circle-mu dengan teman-teman dan kerabat yang kamu kenal dengan baik.

3. Jaga etika

Dalam bersosialisasi tentunya kita harus selalu memperhatikan etika, termasuk bersosialisasi melalui media sosial.

Citra diri akan dikaitkan dengan apa yang kamu bagikan dan apa yang kamu tulis. Jadi tetap jaga etikamu sebaik mungkin.

4. No SARA No HOAX

Pastikan konten yang kamu bagikan di media sosial tidak mengandung unsur SARA dan HOAX. SARA adalah pandangan dan atau tindakan yang di lakukan berdasarkan sentimen atas identitas spesifik yang meliputi suku, agama, ras dan antar golongan.

Sementara HOAX adalah pemberitaan palsu yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar.

5. Cantumkan sumber konten

Jangan lupa untuk selalu mencantumkan sumber atas konten yang kamu bagikan apabila itu merupakan hasil karya orang lain. Kamu bisa dituduh plagiat atau mencuri konten orang lain jika posting gambar atau quote tanpa menyebutkan sumber aslinya.

6. Sarana pengembangan diri

Jadikan media sosial sebagai sarana bagi kamu untuk mengembangkan diri. Kamu dapat membagikan hasil karyamu, ilmu maupun pandanganmu terhadap suatu hal. Kamu juga bisa menimba ilmu melalui sosial media dengan mengikuti kelas online maupun follow akun yang membawa dampak positif bagi pengembangan dirimu.

7. Bangun jaringan

Manfaatkan sosial media untuk membangun jaringan. Baik itu dalam hal pekerjaan, bisnis maupun persahabatan. Bila kamu ingin merintis suatu usaha, gunakan sosial media untuk memperbesar bisnismu. Salah satunya dengan cara membangun jaringan dengan follower-mu.

Nah itulah 7 tips menggunakan media sosial dengan bijak. Dengan tips ini semoga kamu bisa lebih tepat saat bersosialisasi di media sosial.

 

 

Sumber : https://www.popmama.com/life/health/atika-dian/tips-menggunakan-media-sosial-dengan-bijak/7

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.