• Anita Sulemah, S.Pd.
  • Seni Budaya
  • 2019-03-16 11:18:59

Macam – Macam Teater Tradisional di Indonesia

Sadari Movement Lab. – Macam – Macam Teater Tradisional di Indonesia. Secara umum pengertian teater yaitu salah satu kesenian yang berupa pertunjukan dalam bentuk drama. Nama teater berasal dari bahasa Yunani yaitu “Theatron” artinya tempat/gedung pertunjukan. Sedangkan menurut Kamus Bahasa Indonesia artinya suatu drama berupa kisah ataupun cerita dalam bentuk seni pertunjukan.

Terdapat banyak sekali pertunjukan teater, bahkan sejak duduk di bangku SD pun terkadang sudah akan di ajarkan teater. Karena di setiap pertunjukan di manamun yang menjadi daya tarik penonton adalah teater. Dalam pertunjukan teater kebanyakan penonton akan terkesima dengan cerita dan pemerannya, namun asalkan mereka benar – benar telah terlatih. Percaya atau tidak bagi Anda para orang tua pastinya akan takjub dan bangga jika melihat si buah hati Anda menjadi salah satu pemerannya.

Membahas tentang pertunjukan teater, di Indonesia terdapat teater tradisional yang terbagi di seluruh nusantara. Dan tentunya di setiap daerah akan memiliki cerita dan ciri khas yang berbeda. Di dalam kehidupan masyarakat peran teater akan sama, yang merupakan suatu hiburan yang pasti akan di tunggu – tunggu. Pada kali ini akan di bahas tentang beberapa macam Teater Tradisional yang ada di Indonesia.

Beikut Beberapa Macam Teater Tradisional Di Indonesia

  • Pertunjukan Ketoprak

Dimana pertunjukan ini merupakan suatu kesenian Teater Tradisional yang lahir di Kota Yogyakarta pada tahun 1925an. Pertunjukan ketoprak terus berkembang di Yogyakarta dengan ciri khas yang terdapat pada iringan musiknya dengan menggunakan gendang. Dan ciri khas lainnya yaitu berikut di iringi dengan seruling, kenong dll. Kisah cerita drama yang di pentaskan juga bernuansa lingkup kerajaan. Pemerannya pun cukup banyak dan memiliki karakter dan tokoh yang berbeda.

  • Pertunjukan Reog

Pertunjukan Reog merupakan kesenian yang berasal dari Ponorogo. Ciri Khas dari seni teater ini yaitu pemeran yang memiliki bentuk besar dan tinggi mengenakan topeng berwajah singa. Dan permainan dalam pertunjukan reog dapat berupa pertunjukan tarian yang mengandung magis. Yang terkadang salah satu pemainnya sewaktu – waktu ketika memasuki titik puncak acara akan mengalami kerasukan. Namun salah satu seni Teater Tradisional ini biasanya tidak terdapat dialog.

  • Pertunjukan Wayang Orang

Nama dari pertunjukan ini di ambil dari judul dan kisah cerita perwayangan, yang biasanya orang jawa menyebutnya dengan wayang wong. Kisah cerita kesenian dalam Teater Tradisional ini biasanya lebih sering menayangkan kisah Mahabharata dan Ramayana. Dan kisah yang di tayangkan harus sama dengan kisah asli dari pertunjukan Wayang orang. Busana atau kostum yang di kenakan oleh wayang orang juga harus sesuai dengan pemeran wayang asli di cerita nyata. Jadi pertunjukan ini sering kali di sebut dengan tater pakem karena sesuai dengan cerita aslinya dan tidak boleh di rubah.

  • Pertunjukan Lenong

Salah satu Teater Tradisional ini terlahir dan berkembang di Betawi dan merupakan salah satu pertunjukan yang sudah terkenal ke pelosok negeri. Seni teater ini memiliki ciri khas dialog yang di lengkapi dengan banyolan sekaligus di iringi dengan alat musik. Pertunjukan ini sontak membuat para penonton tertawa ngakak karena adanya banyolan tersebut. Tak heran jika seni teater lenong akan membuat para penonton berdatangan dengan senang hati.

  • Pertunjukan Mendu

Nama dari pertunjukan mendu berasal dari kesenian teater dari kepulauan Riau. Kisah cerita yang di sajikan dalam pertunjukan yaitu kisah mengenai Dewa Mendu sesuai dengan namanya dari daerah Natuna. Dalam dramanya kisah Teater Tradisional ini biasanya di pentaskan dalam 7 episode. Dan ciri khas yang di miliki dalam drama ini biasanya di perankan tanpa menggunakan naskah.Hal tersebut mengharuskan semua pemeran dalam cerita ini benar – benar hafal dan mempelajari seluruh alur ceritanya.

Tanpa naskah jika semua pemain dapat menguasai seluruh pertunjukan dengan baik maka pertunjukan mendu yang di sajikan akan benar-benar sempurna hasilnya. Sehingga seluruh penonton dapat di pastikan akan terkesima dengan pertunjukan tersebut. Ciri khas lain dari teater mendu yaitu biasanya di iringi dengan alat musik tradisional. Yang biasanya terdiri dari gendang, gong, beduk, kaleng, biola dan masih banyak lagi.

  • Pertunjukan Calonang

Pertunjukan seni Teater Tradisional Calonang berasal dari Klungkung. Menurut sejarahnya pertunjukan calonang di kenal dan di mulai pada tahun 1825. Pertunjukan ini awalnya di lakukan sebagai pengiring dalam pesta Judi Poker, yaitu dengan tujuan yang di percaya sebagai tolak bala dan keberuntungan. Sumber kisah cerita teater tradisional calonang di kutip dari kitab Calonarang.

  • Pertunjukan Randai

Pertunjukan Randai berasal dan berkembang dari daerah Minangkabau. Pertunjukan teater yang di tampilkan biasanya menggunakan dialog dengan gurindam maupun gendang. Dan uniknya lagi musik yang mengiringi Teater Tradisional Randai menggunakan batang padi. Batang padi tersebut biasanya bernama puput, dan ada juga musik penggiring lainnya yaitu gendang, dan juga telempong.

 

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.