• Fatmawati, S.I.Kom.
  • Pemrograman
  • 2020-05-13 20:11:47
Kesalahan Sintak dan Kesalahan Logika

Kesalahan Sintak & Kesalahan Logika

1. Pengertian Sintak

Sintak sebuah bahasa berhubungan dengan struktur bahasa. Sebagai contoh, untuk membentuk sebuah kalimat yang valid dalam bahasa kita memakai struktur: [subyek] + [kata kerja] + [kata benda]. Dengan memakai struktur ini, kita bisa membentuk kalimat, sebagai contoh: Saya makan nasi. Dalam hubungannya dengan bahasa pemrograman, kita harus memenuhi sintak (baca: aturan struktur bahasa) agar program dapat berjalan. Sebagai contoh, dalam bahasa BASIC, untuk mengassign sebuah variabel dengan sebuah nilai, kita memakai operand ‘=’, tetapi kalau dalam Pascal, kita pakai ‘:=’. Contoh dalam BASIC: a=1, tapi dalam bahasa Pascal, a:=1.. Atau jika lebih spesifik lagi sintak dapat diartikan aturan-aturan peng-code-an struktur suatu bahasa pemograman.


Contoh Kesalahan Sintak

Sebuah contoh dari kesalahan sintak pada listing bahasa pemrograman pascal:

program how_long_ur_name; uses wincrt;

var s:real; x:byte;

begin

write('Nama anda ?'); readln(s);

x:=length(s);

writeln('Panjang nama anda ',x,' karakter');

end.

 

Ketika program ini dijalankan maka program error karena terjadi kesalahan pada penginputan tipe data karena variabel s: real ; seharusnya tipe data variabel s: string ;. Karena tipe data real adalah tipe data yang digunakan pada tipe data numeric menyangkut bilangan real. Berikut adalah listing dari bahasa pemrograman pascal yang benar:

program how_long_ur_name; uses wincrt;

var s:string; x:byte;

begin

write('Nama anda ?'); readln(s);

x:=length(s);

writeln('Panjang nama anda ',x,' karakter');

end.


2. Pengertian Logika

Logika pada bahasa pemrograman adalah suatu operasi dengan menggunakan perintah-perintah khusus yang berupa sintak untuk menghasilkan output tertentu. Misalnya pada pemrograman pascal, ada sebuah operasi logika yang disebut operasi not berfungsi untuk membalikan bilangan positif menjadi negatif begitu juga bilangan negatif akan menjadi bilangan positif.

Contoh Kesalahan Logika

Dalam hubungannya dengan bahasa pemrograman, kadang ada kalanya seorang programmer tidak bisa mengaitkan sintak dengan model komputasi. Kesalahan logika bisa dengan mudah terjadi.

Sebagi contoh ada bahasa pemrograman sebagai berikut:

if(a=5) {

echo ‘Nilai a=5′;

}

Apabila program ini dijalankan, apa yang terjadi? Bergantung bahasa apa yang digunakan. Apabila bahasa yang dipakai adalah bahasa C, maka output yang keluar selalu Nilai a=5, walaupun nilai variabel a sebelumnya selain 5. Kenapa itu bisa terjadi? Itu karena operator ‘=’ dalam bahasa C berarti mengassign sebuah variabel yang ada di sebelah kiri dengan nilai yang ada di sebelah kanan. Dalam bahasa C, secara sintak operasi ini sudah benar.Tapi, apabila yang dimaksud adalah programmer ingin mengevaluasi nilai variabel a, maka seharusnya memakai operator logika ‘==’. Jadi, program yang sebenarnya menjadi :

if(a==5){

echo ‘Nilai a=5′;

}

 

Sumber : http://wdhary.blogspot.com/2016/11/kesalahan-sintak-kesalahan-logika.html

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.