• Ahmad Muhtar Alghozali, S.Si.
  • Sains
  • 2020-05-18 10:14:52

Materi Fluida Statis

Fluida Statis – Pengertian, Materi, Makalah, Contoh Soal

Pengertian Fluida Statis

Fluida statis atau hidrostatika adalah salah satu cabang ilmu sains yang membahas tentang karakteristik fluida saat diam, umumnya membahas tentang tekanan pada fluida ataupun yang diberikan oleh fluida (gas atau cair) pada suatu objek yang tenggelam didalamnya

Fluida statis digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena seperti kenaikan besar tekanan air pada kedalamannya dan perubahan besar tekanan atmosfer terhadap ketinggian pengukuran dari permukaan laut.

Hukum Pascal

Hukum pascal adalah tekanan yang didefinisikan sebagai gaya yang diberikan dibagi luasan yang menerima gaya tersebut.

P = F/A

Keterangan:
F adalah besarnya gaya (Newton)
adalah luasan penampang (m2)

Pascal adalah satuan internasional untuk tekanan, dan atm (atmosfer) merupakan satuan yang menunjukkan tekanan atmosfer (tekanan atmosfer di atas permukaan laut sebesar 1 atm). Dibawah ini adalah contoh satuan tekanan dan konversinya

hukum pascal

hukum pascal

Hukum Pascal telah menyatakan bahwa tekanan yang diberikan kepada fluida dalam ruang yang tertutup mampu diteruskan sama besar ke segala arah. Formula hukum Pascal dalam sistem tertutup bisa disimpulkan dengan:

P masuk = P keluar
P1 = P2

Seperti yang sudah diketahui bahwa tekanan yaitu gaya dibagi besar luasan penampangnya, maka persamaan diatas bisa ditulis kembali sebagai berikut:

F1/F2 =F2/A2
F1 = (d1/d2) F2

Massa Jenis

Massa jenis adaalah suatu ukuran kerapatan suatu benda dan didefinisikan sebagai berat pada suatu benda dibagi dengan dengan volumenya. Semakin besar massa jenisnya, maka benda tersebut akan mempunyai kerapatan yang besar. Berikut ini rumus massa jenis :

ρ = m/V

keterangan:
ρ (dibaca rho) adalah massa jenis suatu benda (kg/m3)
adalah massa benda (kg)
V adalah volume benda (m^3)

percobaan massa jenis

percobaan massa jenis

Secara kasar, massa jenis bisa dipakai untuk mengetahui apakah benda bisa mengapung di permukaan air. Benda/objek yang mempunyai massa jenis lebih kecil akan selalu berada di atas massa jenis yang lebih besar. Misalnhya, minyak yang selalu mengapung diatas permukaan air itu dikarenakan massa jenis minyak lebih kecil dari massa jenis air.

Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis (ketika fluida dalam keadaan diam) pada suatu titik kedalaman berapapun tidak dipengaruhi oleh berat air, luasan permukaan air, maupun bentuk bejana air, akan berdasarkan luasan objek yang menerimanya atau kedalaman ukur. Tekanan hidrostatis menekan ke semua arah dan didefinisikan sebagai gaya yang diberikan pada luasan yang diukur ataupun bisa dihitung berdasarkan kedalamaan objeknya dengan persamaan

Ph = ρgh

keterangan:
ρ yaitu berat jenis air (untuk air tawar, ρ = 1.000 kg/m3)
g yaitu besar percepatan gravitasi (percepatan gravitasi di permukaan bumi sebesar g=9,8 m/s2)
h yaitu titik kedalaman yang diukur dari permukaan air

tekanan hidrostatis

tekanan hidrostatis

Contoh Soal Fluida Statis

Pada sebuah bola besi yang bermassa 220 kg dan volume 0,2 m3 masuk ke dalam kolam. Apakah bola tersebut tenggelam ataukah mengapung ke permukaan air?

 

Diketahui :

 

 

Maka bola akan tenggelam.

Demikianlah Rumusrumus.com Menjelaskan tentang fluida stastis, Semoga bermanfaat …

Sumber :https://rumusrumus.com/fluida-statis/

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.