• Wulan Nafesa Septine, S.T.,MMSI.
  • Pemrograman
  • 2019-11-06 14:05:25

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat cepat, semakin berkembang IPTEK maka semakin dituntut manusia untuk mengikuti perkembangan IPTEK tersebut. Untuk itu dibutuhkan pula sumber daya manusia (SDM) yang handal menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang IT (Information Technology). SDM yang handal akan mampu untuk mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang sangat cepat. Salah satu perkembangan teknologi yang pesat yakni di bidang teknologi informasi.

 Pada saat sekarang ini penggunaan sistem informasi dan database bukan hal aneh lagi karena database merupakan komponen utama untuk menyediakan berbagai macam informasi, baik itu dibidang IT, hukum, sosial, psikologi, manajemen dan bidang-bidang lainnya tentunya membutuhkan database. Meskipun demikian banyak hal yang harus diperhatikan dalam perancangan sebuah sistem yang menggunakan database, contohnya pada pemilihan Database Management System (DBMS).

 

Database Management System (DBMS) merupakan perangkat lunak untuk mengendalikan pembuatan, pemeliharaan, pengolahan, dan penggunaan data yang berskala besar. Penggunaan DBMS saat ini merupakan hal yang sangat penting dalam segala aspek, baik itu dalam skala yang besar atau kecil. Sebagai contoh media sosial facebook menggunakan DBMS untuk menyimpan data-data pengguna facebook yang sangat banyak kedalam DBMS MySQL.

Beberapa DBMS yang digunakan adalah MySQL dan MariaDB. Berdasarkan survey yang dilakukan, MySQL dan MariaDB merupakan DBMS yang banyak digunakan sebagai contoh survey yang terdapat pada db-engines.com DB-Engines Ranking menempatkan MySQL pada posisi ke-2 sedangkan MariaDB pada posisi ke-20 namun pada survey yang terdapat di serverwatch.com Top 10 Enterprise Database System Of 2016, MariaDB menempati posisi ke-6 dan MySQL menempati posisi ke-7. MySQL merupakan software database open source yang paling populer di dunia. MySQL menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang software dan aplikasi hal ini dikarenakan kelebihan MySQL diantaranya sintaksnya yang mudah dipahami, didukung program-program umum seperti C, C++, Java, PHP, Pyton.

Pengguna MySQL tidak hanya sebatas pengguna perseorangan maupun perusahaan kecil, namun perusahaan seperti Yahoo!, Google, Nokia, Youtube, Wordpress juga menggunakan DBMS MySQL. MariaDB merupakan salah satu database server yang digunakan untuk menyimpan dan memanajemen data. MariaDB tidak jauh berbeda dengan MySQL, karena MariaDB merupakan versi pengembangan terbuka dan mandiri dari MySQL. Sejak diakuisisinya MySQL oleh Oracle pada September 2010, Monty Program sebagai penulis awal kode sumber MySQL memisahkan diri dari pengembangan dan membuat versi yang lebih mandiri yakni MariaDB. Sampai saat ini, sudah banyak yang telah melakukan migrasi dari MySQL ke MariaDB, contohnya saja perusahaan raksasa Google dan juga situs besar seperti Wikipedia. Salah satu kelebihan MariaDB adalah karena performannya yang cukup bagus dan tidak berat serta kompatibel dengan MySQL. MariaDB juga kompatibel dengan berbagai macam platform seperti LINUX, Windows, MacOS, FreeBSD, Solaris. Dari berbagai aspek yang pada masing-masing keunggulan kedua DBMS tersebut, maka dari itu penulis tertarik untuk menganalisa kedua DBMS tersebut menjadi sebuah bahan penelitian berdasarkan kinerja query masing-masing DBMS.

Query adalah semacam kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil dari tabel-tabel yang ada dalam database., namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai yang kita inginkan. Data apa yang ingin kita tampilkan. Misalnya, data pinjaman dengan buku pinjaman, maka nanti akan mengambil data dari tabel peminjam dan tabel buku. MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License).

Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersil. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Keadaan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari kerja optimizernya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL yang dibuat oleh user maupun programprogram aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam Query data.

 MariaDB adalah sistem manajemen database relasional yang dikembangkan dari MySQL. MariaDB dikembangkan oleh komunitas pengembang yang sebelumnya berkontribusi untuk database MySQL. Salah satu alasan pengembang MySQL membangun MariaDB adalah telah diakuisisinya MySQL oleh Oracle sehingga menyebabkan MySQL menjadi produk yang berlisensi proprietary. Dengan diakuisisinya MySQL oleh Oracle, maka pengembangan MySQL pun sudah tidak leluasa lagi. Hal ini yang menyebabkan pengembang MySQL sebelumnya mulai membangun MariaDB. MariaDB tetap mempertahankan kompatibilitas dan API layaknya MySQL dulu. Jika di MySQL ada InnoDB maka di MariaDB ada XtraDB yang menjadi mesin penyimpanan baru.

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.