• Surahman, S.Pd.
  • Kewirausahaan
  • 2019-08-09 15:15:11

10 Inspirasi Kreasi Kerajinan Tangan Dengan Barang Bekas Yang Unik Dan Memiliki Nilai Jual

Hampir setiap rumah pasti memiliki barang bekas. Tak jarang, barang-barang bekas ini dibuang dan sangat jarang dimanfaatkan kembali. Padahal jika dipikir-pikir, barang-barang bekas ini dapat dijadikan kerajinan tangan sederhana, loh! Yah...hitung-hitung, apa yang kamu lakukan ini berperan untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang ada. 

Nah, gimana kalau mulai sekarang setiap ada barang bekas di rumah, kamu simpan di sebuah wadah khusus dan nantinya kamu olah jadi barang kerajinan tangan. Tanpa kamu sadari, barang-barang bekas yang di daur ulang ini bisa memiliki nilai ekonomis tinggi loh. Tak heran, jika inspirasi untuk memanfaatkan barang bekas menjadi trend saat ini.

Back to top

Manfaat Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Sumber gambar www.duniaq.com

Ada banyak hal yang dapat kamu nikmati dari pembuatan kerajinan tangan, seperti fungsi pakai dan fungsi hias. Fungsi pakai disini maksudnya adalah pemanfaatan dari barang kerajinan tersebut sehingga memiliki keindahan yang menarik, sedangkan fungsi hias lebih mengarah kepada keunggulan pemakaiannya. Kerajinan tangan ini juga bisa dinikmati oleh siapa saja, seperti kerajinan patung, miniatur, lukisan, dan sebagainya. Ada beberapa manfaat yang kamu bisa dapatkan ketika membuat barang-barang hasil kerajinan tangan, diantaranya adalah:
 

  • Mengisi waktu luang sehingga lebih produktif ketimbang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.
  • Melatih kreatifitas karena hal ini tidak langsung dapat dilakukan, tapi perlu latihan.
  • Melatih kesabaran karena diperlukan ketekunan untuk menghasilkan barang-barang kerajinan tangan yang menarik dilihat.
  • Menghemat pengeluaran dan tentunya akan memberikan kesan tersendiri karena pembuatannya murni dari kalian, tidak dibeli di toko manapun.
  • Menciptakan ladang bisnis karena hasil kerajinan tangan ini berpotensi menghasilkan nilai jual yang tinggi.
  • Melatih anak-anak untuk mengikuti aturan sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
  • Melatih kemampuan motorik anak-anak karena pembuatan barang kerajinan tangan ini memanfaatkan tangan dan mata.
  • Membangun rasa percaya diri untuk menciptakan sebuah karya hasil sendiri.

Membantu Menambah Penghasilan

Sumber gambar www.bisnisborneo.com

Beberapa manfaat diatas dapat kamu rasakan ketika membuat sebuah hasil kerajinan tangan, apalagi jika barang-barang kerajinan itu terbuat dari barang bekas. Kamu bisa melatih kreatifitas kamu dan secara tidak langsung, hal tersebut akan membantu kamu menambah penghasilan. Di jaman yang semakin canggih ini, memang dituntut agar setiap orang mampu berpikir kreatif sehingga tidak ketinggalan. 

Sebagai seorang pelajar contohnya, hal yang paling mudah dapat kamu lakukan, yah..dengan mengolah barang-barang bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis. Misalnya saja, botol bekas yang dapat diubah menjadi lampu hias. Atau membuat sofa dari bathtub yang sudah tidak terpakai. Tidak usah pusing, kamu cukup membelah bathtub tersebut menjadi dua bagian, lalu berikan dudukan sofa. Agar lebih menarik terlihat, cat ulang bagian luar sehingga semakin bernilai.

Ikut Menyelesaikan Masalah Sampah

Sumber gambar game-marliana.blogspot.co.id

Selain menambah penghasilan, pemanfaatan barang bekas menjadi hasil kerajinan tangan juga secara tidak langsung membuat kamu ikut menyelesaikan masalah sampah. Seperti yang diketahui, sampah adalah salah satu masalah besar yang dialami oleh banyak negara, salah satunya Indonesia yang tercatat sebagai negara kedua penyumbang sampah terbesar di dunia. 

Nah, salah satu cara menanggulanginya adalah mengolah sampah-sampah tersebut menjadi suatu barang yang bernilai. Misalnya saja, sampah Anorganik berbahan dasar plastik yang dapat diolah menjadi tas plastik, bros, hiasan ruangan, dompet, dan masih banyak lagi. Agar lebih berkualitas, sebaiknya kamu terlebih dahulu memisahkan antara sampah organik dan anorganik.

Meningkatkan Kreativitas

Sumber gambar kerajinantangansip.blogspot.co.id

Melakukan daur ulang terhadap sampah juga dapat meningkatkan daya kreatifitas kamu bahkan berpeluang sebagai ladang bisnis. Kamu bisa membantu pemerintah mengatasi masalah sampah sekaligus membantu perekonomian negara melalui barang-barang hasil kerajinan tangan kamu. Jika hal ini terus dilakukan dan ide-ide kreatif semakin bermunculan, maka masalah sampah dapat diatasi sesegera mungkin.

Membuat Barang Bekas Menjadi Lebih Bermanfaat

Sumber gambar www.maxmanroe.com

Mungkin selama ini, kamu hanya bisa membuang sampah tanpa berani untuk mengolahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Nah, bagaimana jika sekarang kamu mulai belajar membuat barang-barang yang bermanfaat dari sampah-sampah tersebut? Setidaknya dapat dimulai dari barang-barang bekas di rumah yang sudah tidak terpakai. Kamu bisa mengolahnya menjadi pot bunga, tempat aksesoris, keset, bros, atau benda-benda lainnya. Kamu tidak perlu repot-repot lagi membeli barang-barang mahal untuk mempercantik rumah mu. Cukup manfaatkan barang-barang bekas tersebut.

Membuka Peluang Usaha Bersama

Sumber gambar www.seoterpadu.com

Memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang siap pakai juga dapat memberi peluang usaha bersama-sama. Tidak usah khawatir akan bahan bakunya karena produksi sampah yang tinggi tidak akan menjadi penghambat buat kamu sehingga bisnis daur ulang sampah ini adalah sesuatu yang sangat menjanjikan. Sangat sayang apabila kamu melewatkan kesempatan ini begitu saja. Modal yang dibutuhkan pun tidak besar sehingga kamu bisa lebih banyak meraup untung. Ketika barang-barang bekas tersebut diubah menjadi sebuah benda yang mempunyai fungsi, maka hal tersebut merupakan peluang bisnis alternatif yang sangat menguntungkan.

Back to top

Inspirasi Kerajinan Tangan Sederhana Yang Bisa Kamu Coba

Sumber gambar ragamkerajinantangan.blogspot.co.id

Ada banyak hasil kerajinan tangan yang bisa kamu ciptakan dari barang-barang bekas, seperti tempat cas HP dari botol plastik bekas karbol. Ada juga mini pot yang terbuat dari cangkang telur, pot tanaman dari ban bekas, atau tempat duduk dari ban bekas. Agar terlihat lebih menarik, kamu bisa memberikan sedikit sentuhan berupa warna pada sisi-sisi ban sehingga terkesan unik dan indah dilihat. 

Selain itu, ada juga beberapa inspirasi kerajinan tangan sederhana yang bisa kamu coba di rumah, seperti lampu gantung dari kardus bekas, tempat tissue dari kaleng bekas, wadah peralatan dapur dari kaleng bekas, tempat pensil dari sedotan, tempat lampu dari kardus bekas, mangkok dari koran bekas, tempat tissue dari koran bekas, jam dinding dari koran bekas, dompet dari botol bekas, bahkan gelas dari botol bekas.

Lampu Gantung Dari Kardus Bekas

Sumber gambar sarungpreneur.com

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, bagaimana sih membuat lampu gantung dari kardus bekas? Nah, tidak perlu khawatir karena membuat lampu gantung ini tidak terlalu rumit seperti yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk membuatnya. Selanjutnya, siapkan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan, seperti kardus bekas, lem tembak, lampu, tempat lampu, kabel, penggaris, pensil, dan cat semprot. Berikut cara membuatnya :
 

  • Potong kardus dengan panjang 60 cm dan lebar 21 cm.
  • Cat permukaan kardus dengan warna putih pada satu sisi dan permukaan ini dijadikan warna dalam agar cahaya lampu dapat terang.
  • Lipat kardus menjadi segilima dan jangan lupa bahwa permukaan yang dicat putih tadi adalah bagian dalam, sedangkan sisi luar masih warna kardus asli.
  • Setelah dilipat, kardus dipotong-potong menjadi banyak dengan cara kardus dibentangkan.
  • Lipat kembali kardus menjadi segilima menggunakan lem agar lipatan tidak kembali ke semula.
  • Potongan kardus lalu disusun kembali dengan posisi berlawanan dari satu kardus ke kardus lainnya menggunakan lem agar merekat.
  • Buat kembali lembaran kardus menjadi bentuk segilima sebagai tempat meletakkan lampu.
  • Di bagian tengah kardus yang berbentuk segilima tersebut, buatlah lubang kemudian pasang tempat untuk lampu dan kabelnya.
  • Gabungkan kembali lembaran kardus yang berbentuk segilima dengan potongan kardus yang telah dipotong sebelumnya.
  • Lampu hias sudah selesai. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu atau teras rumah.

Tempat Tissue Dari Kaleng Bekas

Sumber gambar elindasari.wordpress.com

Barang kerajinan lainnya yang dapat kamu coba buat adalah tempat tissue dari kaleng bekas. Kamu bisa menggunakan kaleng bekas susu atau kaleng bekas lainnya. Siapkan bahan serta alat yang digunakan, seperti kaleng bekas susu ukuran 400 atau 900 ml lengkap dengan tutupnya sebanyak 1 buah, cat pilox (terserah warna apa saja, sebaiknya warna terang), spidol hitam snowman paint, koran bekas, dan cutter. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
 

  • Bersihkan kaleng bekas terlebih dahulu dan biarkan hingga benar-benar kering.
  • Cat kaleng dengan cat pilox dan semprotkan merata ke semua permukaan kaleng. Kamu bisa menggunakan koran bekas sebagai pengalasnya. Pastikan juga untuk mengocok kaleng cat pilox terlebih dahulu agar cairan cat dalam kaleng merata.
  • Jemur kaleng yang telah di cat hingga benar-benar kering dan beralaskan koran.
  • Buatlah gambar atau lukisan pada kaleng yang telah kering menggunakan spidol snowman paint sesuai dengan tema yang kamu inginkan. Pastikan kamu mengocok spidol sebelum dipakai.
  • Buatlah lubang pada tutup kaleng dengan diameter berkisar 4 cm menggunakan cutter.
  • Pasanglah kembali tutup yang telah dilubangi sebagai penutup kaleng.
  • Tempat tissue dari kaleng bekas siap digunakan.

Wadah Peralatan Dapur Dari Kaleng Bekas

Sumber gambar www.satujam.com

Kamu juga bisa membuat wadah peralatan dapur, seperti tempat sendok dari kaleng bekas. Bahan dan alat yang perlu kamu siapkan adalah kaleng susu bekas, cat warna, kayu,kuas, palu, dan paku. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
 

  • Bersihkan kaleng susu dan jemur hingga kering. Jika kaleng susu yang kamu gunakan penyok pada suatu sisi, ratakan sisi tersebut ke bentuk semula.
  • Cat kaleng menggunakan cat semprot universal atau cat besi, lalu jemur hingga kering.
  • Hiasi kaleng tersebut sesuai dengan tema yang kamu inginkan.
  • Cat papan kayu yang akan kamu gunakan dan keringkan.
  • Lubangi kaleng bekas menggunakan paku pada bagian atas dan atur posisinya dengan posisi berdiri menempel pada papan kayu yang telah dicat dan beri tanda pada lubang paku menggunakan pensil.
  • Buatlah lubang pada tanda-tanda tersebut menggunakan paku, tapi jangan melubangi terlalu dalam.
  • Tempelkan kaleng bekas pada papan dengan posisi lubang kaleng menempel pada lubang papan kayu.
  • Kaleng bekas dan papan kayu lalu disatukan menggunakan sekrup ukuran sedang. Jika kamu mau, sekrupnya bisa dicat juga agar semakin menarik.
  • Berikan pegangan atau gantungan papan untuk membuat penampilan tempat sendok kamu semakin cantik.
  • Wadah sendok dari kaleng bekas siap digunakan.

Tempat Pensil Dari Sedotan

Sumber gambar kelas1-b.blogspot.co.id

Hasil kerajinan tangan lainnya yang juga cukup simple untuk dibuat adalah tempat pensil dari sedotan. Sedotan yang bisa kamu pakai adalah sedotan dari minuman plastik. Bahan dan alat yang perlu kamu siapkan adalah sedotan yang bisa dilipat, lem perekat, kertas berwarna, pita, dan kardus bekas. Untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini:
 

  • Tekuk semua sedotan dan ikat dengan pita.
  • Kardus lalu dipotong berbentuk lingkaran untuk bagian bawahnya.
  • Sedotan yang telah diikat pita lalu disatukan dengan potongan kardus mengguanakn lem.
  • Masukkan kertas berwarna ke dalam sedotan agar celah-celah tertutup.
  • Tempat pensil dari sedotan bekas pun siap digunakan.

Tempat Lampu Dari Kardus Bekas

Sumber gambar www.bintang.com

Kamu juga bisa membuat tempat lampu dari kardus bekas sehingga jika ada kardus yang tidak terpakai lagi, jangan langsung membuangnya. Bahan dan alat yang perlu kamu siapkan, diantaranya adalah kardus bekas, lem double tape, cutter, gunting, obeng, kayu, penggaris, bohlam lampu LED dengan watt rendah, kabel, dan fitting lampu. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
 

  • Buatlah pola atau gambar ingin kamu masukkan di dalamnya dan jiplak ke bahan kardus yang telah kamu siapkan.
  • Buatlah lubang pada gambar yang di dalamnya, lalu lapisi menggunakan kertas putih.
  • Berikan double tape pada setiap sisi, lalu rekatkan.
  • Buatlah alasnya menggunakan kayu yang telah dipotong dengan ukuran 15 x 10 cm.
  • Tambahkan kayu kecil sebagai kakinya di bagian kiri dan kanan.
  • Buatkan lubang kecil di bagian tengah agar dapat memasukkan kabel.
  • Pasanglah fitting tepat di tengah kayu lalu beri mur agar semakin kuat.
  • Pasanglah bohlam lampu dan pasang kardus yang telah dipotong.
  • Tempat lampu dari kardus bekas sudah jadi.

Mangkok Dari Koran Bekas

Sumber gambar www.ideasdiy.com

Ada beberapa jenis kerajinan tangan lainnya yang bisa kamu buat dari koran bekas, misalnya Mangkok. Daripada dibuang dan tidak dibaca lagi, lebih baik kamu manfaatkan koran bekas ini menjadi sebuah hasil kerajinan tangan yang bernilai. Bahan dan alat yang perlu kamu siapkan adalah koran bekas, gunting, cat warna, kuas, dan lem. Untuk membuatnya, berikut langkah-langkah pengerjaannya:

  • Koran bekas yang sudah kamu siapkan dapat dibuat menjadi bubur kertas (dihaluskan dengan sedikit air) atau dipotong-potong menjadi bagian kecil. Terserah kamu pilih yang mana.
  • Kertas koran ditempelkan ke mangkok yang dipakai sebagai cetakan.
  • Berikan lem sehingga kuat merekat, diamkan, lalu jemur hingga lapisan kertas koran mengering.
  • Permukaan mangkok dicat, lalu diamkan hingga kering.
  • Mangkok kertas dari koran bekas sudah jadi.

Tempat Tissue Dari Koran Bekas

Sumber gambar www.satujam.com

Selain membuat mangkok kertas, koran bekas juga bisa kamu olah menjadi tempat tissue. Bahan dan alat-alat yang dibutuhkan, diantaranya adalah koran bekas, lakban hitam, gunting, dan lem kertas. Untuk membuatnya, berikut beberapa langkah yang dapat kamu ikuti:
 

  • Koran bekas digulung-gulung dan dibuat menjadi dua ukuran. Ukuran yang pertama lebih panjang (sebagai bagian bawah) dan ukuran kedua lebih pendek (sebagai bagian samping).
  • Gulungan pertama dibuat menyerupai persegi panjang dan pakailah lem sebagai perekatnya.
  • Buatlah dua susunan untuk bagian bawah dan atas kotak.
  • Pada bagian atas, buatlah lubang sebagai tempat untuk mengambil tissue dan berikan lakban di sisi samping.
  • Untuk gulungan kedua, bentuklah persegi panjang dan persegi. Pakailah lem sebagai perekatnya.
  • Bagian bawah dan samping lalu digabungkan menggunakan lakban, begitupun bagian atas gabungkan memakai lakban dan pastikan merekat dengan kuat.
  • Tempat tissue dari koran bekas pun siap dipakai.

Jam Dinding Dari Koran Bekas

Sumber gambar ragamkerajinantangan.blogspot.co.id

Siapa bilang jam dinding tidak dapat dibuat dari barang bekas? Nyatanya, koran bekas kini dapat diolah menjadi jam dinding. Unik banget, kan? Nah, untuk membuatnya kamu perlu menyiapkan koran bekas, jarum, benang, gunting, kepingan CD, mesin jam lengkap dengan jarum jam nya. Jika bahan dan alat ini sudah ada, silahkan ikuti cara membuatnya dibawah ini:

  • Gulung koran bekas dan lipat menjadi dua gulungan.
  • Buatlah lubang menggunakan jarum dan masukkan benangnya.
  • Gulungan koran pada poin a, lalu dirangkai menggunakan benang sehingga membentuk lingkaran.
  • Kepingan CD lalu diletakkan di tengah-tengah lingkaran dan berikan angka di kepingan CD tersebut.
  • Pasanglah mesin jam dengan jarum jamnya.
  • Masukkan baterai jam dan pastikan agar jam dinding berfungsi.
  • Jam dinding dari koran bekas sudah siap dipasang di ruang tamu, ruang makan, atau kamar tidur kamu.

Dompet Dari Botol Bekas

Sumber gambar www.belajarkreatif.net

Berbicara mengenai botol bekas seakan tidak ada habisnya. Yup... botol bekas ini bisa kamu olah menjadi barang-barang hasil kerajinan tangan, seperti dompet. Bahan dan alat yang perlu kamu sediakan, diantaranya adalah botol plastik ukuran apa saja. Bisa yang berukuran 1.5 liter, 1 liter, atau 600 ml, terserah dengan pilihan kamu. Botol yang dipakai sebaiknya memiliki ukuran yang sama. Siapkan pula gunting, cutter, resleting warna ukuran 30 cm-40 cm, spidol besarm lem UHT atau lem tembak, cat, dan beberapa hiasan (sesuaikan dengan selera kamu). Nah, untuk membuatnya, berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Buatlah pola atau tanda dengan menggunakan spidol hitam pada badan botol.
  • Botol dipotong mengikuti pola yang telah dibuat menggunakan cutter dan rapikan kembali dengan gunting.
  • Cat botol yang sudah dipotong menggunakan warna cat yang kamu suka.
  • Lem resleting di bagian luar botol, dimulai dari arah pangkal resleting. Kamu bisa mencoba untuk lem bagian bawah terlebih dahulu hingga seperempat area. Setelah itu, lanjutkan lem pada bagian atas hingga menutupi seluruh tepi botol. Perhatikan, jangan sampai resleting ikut ter-lem.
  • Jika semua tepi telah tertutup resleting, sisa ujung resleting dapat dipotong atau dibentuk-bentuk menjadi hiasan.
  • Sebagai sentuhan terakhir, kamu bisa menghiasi dompet yang telah jadi sesuai dengan tema yang kamu inginkan.
  • Dompet dari botol bekas pun sudah jadi.

Gelas Dari Botol Bekas

Sumber gambar liputanseadanya.blogspot.co.id

Hasil kerajinan tangan lainnya yang dapat kamu buat dari botol bekas adalah gelas. Untuk membuatnya, pastikan bahan dan alat ini tersedia, meliputi botol plastik, cutter, gunting, isolasi bermotif (sesuaikan dengan selera kamu), dan lem tembak. Untuk membuatnya, tidak terlalu sulit kok. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:




 

  • Gelas plastik bagian bawah dipotong-potong (sebagai kaki gelas).
  • Bagian atas botol dipotong lagi kira-kira 1/3 nya.
  • Beri hiasan pada gelas dan kaki nya menggunakan isolasi bermotif. Kamu bisa mengisolasi pada bagian tutup dan leher botol juga agar benar-benar terlihat menyerupai gelas.
  • Tempelkan tutup botol pada kaki gelas menggunakan lem tembak. Kaki gelas dapat diletakkan dengan posisi terbuka ke atas atau dibalik (sesuaikan dengan selera kamu).
  • Gelas dari botol bekas sudah jadi.

Gimana, Guys? Seru kan mengolah barang-barang bekas menjadi hasil kerajinan tangan? Itulah beberapa inspirasi kerajinan tangan sederhana dari barang bekas yang bisa kamu coba buat di rumah. Mulai sekarang, biasakan untuk memanfaatkan barang-barang bekas tersebut yah. Selamat mencoba!

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.