• Elis Vita Aries Santhi, S.Si.
  • Sains
  • 2021-01-15 09:53:28
Senyawa Tanpa Rasa Ini Akan Pahit Jika Dikonsumsi Orang Berisiko Kanker

AKURAT.CO,Penelitian terbaru pada reaksi indera pengecap terhadap senyawa kimia yang terkandung dalam superfood (bahan makanan sehat) ini menjadi pengingat. Lidah orang yang berpotensi terkena kanker akan sensitif pada senyawa zat kimia yang dinamai phenylthiocabamide (PTC).

Sisi uniknya adalah PTC akan terasa hambar jika dikonsumsi oleh orang yang tidak memiliki potensi kanker dan akan terasa pahit jika dirasakan orang berpotensi terkena kanker. PTC terkandung dalam jenis makanan sehat seperti dark chocolate, kopi dan brokoli, kubis, atau bunga kol.

Peneliti asal Pennsylvania State University berpendapat bisa jadi rasa pahit tersebut muncul karena sayuran hijau dikenal memiliki kandungan yang mampu memerangi sel kanker. Penelitian ini dilakukan pada 5500 perempuan Inggris yang diamati selama 20 tahun dan ditemukan bahwa mereka yang tidak merasakan rasa pahit PTC tidak terkena resiko kanker. Mereka dengan kepekaan pada PTC sedang (taster) berisiko terkena kanker hingga 40 persen.  Sedangkan mereka dengan kepekaan pada PTC tinggi (supertaster) berisiko terkena kanker hingga 58 persen.

Peneliti cukup terkejut saat menemukan alasan adanya keterkaitan mengapa para supertaster enggan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau bisa dikarena oleh sensitifitas indera pengecap pada PTC.

Namun, keterkaitan itu juga dipengaruhi oleh pola makan secara keseluruhan, tidak hanya terkait makanan dengan kandungan PTC saja. Temuan ini dimuat dalam European Journal of Nutrition.

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.