• Giri Priyono, S.Pd.,MM.
  • Matematika
  • 2019-08-01 11:16:36
Penerapan Matematika Diberbagai Bidang Pekerjaan

Penerapan Matematika Diberbagai Bidang Pekerjaan

 

Description: Penerapan Matematika Diberbagai Bidang Pekerjaan Description: Penerapan Matematika Diberbagai Bidang Pekerjaan

Matematika adalah ilmu pasti yang didalamnya dibagi lagi menjadi beberapa cabang ilmu. Seperti teori bilangan, aljabar, program linier, geometri, teori peluang, aritmatika sosial, logika matematika, dan statistik. Manfaat mempelajari matematika itu bisa kita gunakan dalam berbagai bidang pekerjaan dan berbagai lini kehidupan. Berikut ini akan saya uraikan berbagai manfaat cabang ilmu dalam matematika.

  1. Teori Bilangan, Dalam agama islam kita mengenal pembagian waris dan pembayaran zakat mal (harta benda). Dalam pembagian warisan kita memerlukan materi teori bilangan yakni perhitungan pecahan. Sementara itu dalam menghitung harta-harta yang wajib untuk dizakati kita memerlukan perhitungan persentase (%).
  2. Geometri, Geometri merupakan cabang matematika yang mempelajari tentang bangun datar dan bangun ruang. Dalam membuat suatu bangunan tentu harus ada gambar rancangan bangunan terlebih dahulu. Teknik dalam menggambar rancangan bangunan bisa dipelajari di dalam geometri.
  3. Teori Peluang, Teori peluang mempelajari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dimasa mendatang. Ilmu peluang dibutuhkan oleh orang yang bekerjanya dibidang asuransi. Ketepatan dalam memprediksi kejadian yang akan terjadi di masa mendatang menjadi keahlian yang wajib dimiliki oleh para pegawai asuransi.
  4. Aljabar, Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengunakan konsep aljabar. Hal ini bisa kita manfaatkan dalam pembelian bermacam-macam barang dengan harga yang berbeda-beda. Barang-barang itu bisa diubah terlebih dahulu menjadi variabel, jumlah barangnya menjadi koefisien, dan harganya dalam bentuk konstanta. Setelah menjadi bentuk model matematika. Kita bisa menyelesaikan perhitungannya dengan menggunakan berbagai metode, seperti substitusi(mengganti), eleminasi (menghilangkan), dan grafik(menggambar koordinat cartesius).
  5. Aritmatika Sosial, Aritmatika sosial itu mempelajari perhitungan-perhitungan bunga bank dan persentase keuntungan dalam jual-beli. Para pedagang membutuhkan ilmu ini untuk menghitung keuntungan atau pun kerugian barang dagangannya. Sementara pegawai bank menghitung bunga yang harus diberikan kepada nasabanya dengan ketentuan batas waktu yang telah disepakati bersama nasabah sebelumnya.
  6. Statistik, Statistik berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan penganalisa suatu data. Data tersebut disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, lingkaran, atau batang, sehingga data tersebut dapat lebih muda dibaca dan dipahami oleh orang lain. Ilmu statistik dibutuhkan oleh seorang akuntan dalam bekerja diperusahaanya.
  7. Logika Matematika, Logika adalah pengambilan keputusan secara tepat dalam waktu yang singkat. Keputusan berdasarkan logika biasanya tidak menimbulkan kekecewaan dikemudian hari. Karena sebelum mengambil suatu keputusan telah dipertimbangkan secara matang dampak-dampak yang akan terjadi. Para pengambil keputusan harus berlogika matematika untuk meminimalkan dampak terburuk yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Kemampuan untuk bisa berlogika matematika sangat dibutuhkan oleh para pemimpin perusahaan.
  8. Program Linier,Program linier adalah sebuah metode penghitungan keuntungan dalam memproduksi suatu barang dipabrik dengan bahan produksi seefesien mungkin. Program linier merupakan bagian dari aljabar. Selain itu untuk bisa menghitung program linier, orang itu harus bisa membuat model matematika terlebih dahulu dan harus bisa mengubah model matematika menjadi gambar persamaan linier. Para manager pabrik membutuhkan program linier agar kinerjanya bisa lebih optimal lagi.

Ternyata berbagai pekerjaan membutuhkan matematika didalamnya. Sehingga biasanya tes perhitungan juga sering digunakan untuk menyaring karyawan yang akan bekerja pada suatu perusahaan. Jadi tidak ada ruginya untuk belajar matematik sejak dini. Orang tua bisa mengarahkan anaknya agar mulai mencintai matematika. Agar nanti kelak kalau sudah dewasa sudah siap bersaing memperebutkan lowongan pekerjaan. Syukur-syukur kalau anaknya nanti punya inisiatif untuk menjadi pengusaha.

Sumber Gambar : http://www.onlinecollege.org/2013/03/12/the-stem-jobs-everyone-wants-how-get-them/

Sumber Referensi : Buku Paket Matematika Erlangga Kelas XI SMA semester I dan II.

 

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.