• Ade Irna Ikballah, S.Kom.
  • Teknologi
  • 2019-02-14 08:29:58
Mengenal Bahasa Pemrograman Basic

Bahasa pemrograman Basic dibuat dengan satu tujuan yaitu sebagai bahasa awam antara pengguna komputer yang langsung berinteraksi dengan komputer. Singkatan dari BASIC adalah Beginners’ All purpose Symbolic Instruction Code. Pembuat bahasa pemrograman Basic adalah John G. Kemeny yang adalah profesor dair Darthmouth College dan juga Thomas E. Kurtz pada tahun 1960.

Bahasa komputer awam dikenal dengan nama bahasa tingkat tinggi (high level language) atau bahasa yang mempunyai orientasi kepada pemecahan masalah (problem oriented language).

Di dalam bahasa pemrograman problem oriented language lainnya, untuk membuat program yang paling sederhanapun tetap diperlukan program yang cukup memadai. Tetapi dengan bahasa pemrograman problem oriented language Basic, tiap orang dapat membuat program-program sederhaan hanya dengan pengetahuan bahasa Basic yang mudah dimengerti. Bahasa pemrograman Basic relatif lebih mudah dipahami dan dimengerti.

Bahasa pemrograman Basic sudah mengalami banyak perkembangan sejak awalnya Basic yang masih standar. Sekarang ini telah banyak jenis dan versi serta perkembangan dari bahasa pemrograman Basic.

Jenis-jenis bahsa Basic antara lain :
Applesoft BASIC
CBASIC
IBASIC
GBASIC
MBASIC
KBASIC
BASIC ISAM
BASICA
Power BASIC
QBASIC
GW BASIC
VISUAL BASIC
Dan sebagainya

BASICA merupakan jenis bahasa pemrograman Basic yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak yaitu Microsoft. BASICA dikembangkan untuk microprosesor Intel 8086, 80286, dan 08386. Sistem operasi IBM PC DOS dan MS-DOS adalah sistem informasi yang dibuat untuk microprosessor tersebut. Ciri-ciri dari sistem operasi DOS mempunyai bentuk tampilan.
The IBM Personal Computer DOS
Version 3.30 © Copyright International Business Machine Corp 1981, 1987
© Copyright Microsoft Corp 1981, 1986
A>

Bentuk tampilan “A>” menunjukkan bahwa posisi anda sekarang berada di sistem operasi DOS. Basica dapat dipanggil dalam kondisi ini.

Cara memanggil Basic

Supaya kita dapat menjalankan program-program yang sudah dibuat oleh bahasa Basic, maka intepreter Basic harus sudah dipasang dulu di memori komputer. Bila interpreter Basic masih berada di disket, maka harus dipanggil untuk kemudian dipindahkan ke memori komputer. Interpreter ini dapat dipanggil dengan beberapa cara, antara lain :

A> Basica

Setelah mengetik dengan menulis Basica, kemudian tekan tombol Enter dan selanjutnya di layar akan tampil
The IBM Personal Computer Basic
Version A3.35 Copyright IBM Corp. 1987
60327 Bytes free
Ok

Setelah interpreter Basica dipanggil dan telah masuk ke dalam memori komputer maka akan tampak mengenai versi dari bahasa BASICA yang digunakan, hak cipta pembuatnya, tahun, sisa memori komputer dan yang terakhir adalah tulisan OK. Tulisan “OK” menunjukkan bahwa BASICA telah siap untuk menerjemahkan program-program yang akan dibuat dan yang akan dijalankan.

Cara lain memanggil interpreter BASICA adalah sebagai berikut :

A> Basica contoh

Cara ini dilakukan bila kita hendak memanggil interpreter BASIC dan langsung memproses program dalam bahasa Basic yang telah tersimpan di dalam file. Pada contoh di atas, program yang langsung dijalankan adalah program dengan nama file Contoh.BAS

Sumber : http://limpingen.com

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.