• Giri Priyono, S.Pd.,MM.
  • Matematika
  • 2021-03-01 09:44:16
Langsung Paham, Begini 5 Tips Belajar Matematika yang Benar

Langsung Paham, Begini 5 Tips Belajar Matematika yang Benar

Ternyata, matematika gak sesukar yang dikira ya!

Di susun :

Muhammad Tarmizi Murdianto

Di posting oleh Giri Priyono, S.Pd, MM

 

Langsung Paham, Begini 5 Tips Belajar Matematika yang Benarunsplash.com/anniespratt

 

 

Sebagian dari kamu pasti menganggap matematika itu pelajaran paling sukar. Padahal, sebenarnya tidak. Ilmu pasti ini selalu memberikan jawaban sesuai rumusnya, tak pernah meleset dari target.

Itu sebab, matematika punya keunikannya sendiri sebagai salah satu bidang keilmuan. Siapa pun jago berhitung biasanya sukses dalam hidupnya. Jika saat ini kamu masih membenci matematika, coba deh ikuti tips berikut ini!

1. Pertama rubah pola pikirmu, matematika itu tak sukar tapi pelajaran menyenangkan

Langsung Paham, Begini 5 Tips Belajar Matematika yang Benarunsplash/sean Kong

Kalau kamu masih berpikiran bahwa matematika merupakan ilmu yang susah banget dipahami dan tidak menyenangkan, maka sebaiknya segera buang jauh-jauh pikiran tersebut. Sebab, pemikiran seperti itu bisa membuat sugesti pada diri sehingga kamu benar-benar tidak bisa mengerjakan soal matematika. Oleh karena itu, yuk ubah mindset kamu!

2. Cobalah menyusun rumus dengan rapi, agar lebih paham sesuai cara yang kamu sukai

Langsung Paham, Begini 5 Tips Belajar Matematika yang BenarPexels/Tirachard Kumtanom

Agar kamu lebih tertarik dan merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan, cara yang satu ini patut kamu coba. Sebab, menuliskan rumus dengan rapi dan menarik dapat membuat kamu lebih mudah memahaminya. Gak percaya? Coba saja.

3. Jangan pernah menghafal rumus, namun pahami konsep dari rumus yang ada

Langsung Paham, Begini 5 Tips Belajar Matematika yang Benarpixabay/27707

Hal yang satu ini sering banget dilakukan oleh setiap pelajar. Padahal, menghafal rumus merupakan cara yang salah dalam mempelajari matematika. Pasalnya, kamu gak bisa selalu mengingatnya, apalagi dalam jangka waktu yang panjang.

Namun berbeda jika kamu memahami sebuah rumus berdasarkan konsepnya. Sebab, dengan begitu kamu akan lebih mudah mengerti dan akan otomatis menghafal sistematika rumus yang ada. Jadi, soal matematika yang sulit pun pasti bisa kamu kerjakan, deh.

4. Mengerjakan latihan soal bersama dengan teman yang jago matematika

Langsung Paham, Begini 5 Tips Belajar Matematika yang Benarunsplash/brooke cagle

Mengerjakan tugas bersama teman bisa menjadi cara alternatif untuk membuat kesan menyenangkan dalam mempelajari matematika. Sebab, ketika kamu kurang memahami soal yang ada, kamu bisa langsung bertanya pada teman-temanmu. Lagi pula, lebih nyaman belajar dengan teman sebaya, bukan?

5. Terakhir, jangan segan bertanya jika memang belum paham dengan materi yang diberikan gurumu

Langsung Paham, Begini 5 Tips Belajar Matematika yang BenarUnsplash/NeONBRAND

Ingat, malu bertanya sesat di jalan. Pun demikian saat kamu belajar matematika, jangan pernah segan mengajukan tanya tatkala kamu tak mengerti mengenai rumus atau apa pun yang berkaitan dengan matematika. Namanya belajar, pasti ada saatnya kamu merasa bingung, kan? Oleh karena itu, sekali lagi jangan takut bertanya jika kamu tidak mengerti dengan materi yang sedang dibahas.

Itulah beberapa cara belajar matematika yang benar. Yuk, coba lakukan agar pelajaran matematika terasa lebih menyenangkan dan mudah dipahami

 

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.