• Surahman, S.Pd.
  • Kewirausahaan
  • 2021-04-10 13:39:00

PENGERTIAN TANAMAN HIAS

         Pengertian tanaman hias adalah semua jenis tanaman yang bermanfaat untuk menambah keindahan dan kecantikan baik itu tanaman hias bunga, daun, batang, maupun akar. Dari penjelasan ini jelas tanaman hias adalah segala tanaman yang ditanam untuk estetika keindahan sehingga jenis-jenisnya pun ada beraneka ragam. Bisa berupa tanaman bunga, pohon, bahkan buah-buahan dan sayuran pun dapat digolongkan sebagai tanaman hias selama mereka memberikan unsur keindahan.

     Tanaman hias umumnya sengaja ditanam dengan tujuan memberikan kesan indah baik untuk dalam ruangan maupun untuk di luar ruangan. Tanaman hias tidak hanya memberikan unsur keindahan saja, tetapi juga memberikan berbagai manfaat. Manfaat yang didapatkan ini akan bergantung dari jenis tanaman yang dipilih.

        Tanaman hias ada yang dapat dijadikan sebagai pengusir serangga terutama nyamuk. Adapun beberapa tanaman hias yang dapat dipilih sebagai pengusir nyamuk antara lain sebagai berikut.
a. Lavender
        Bunga lavender memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetat yang membuatnya tidak disukai oleh nyamuk.

b. Zodia
     Tanaman zodia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang membuat nyamuk tidak mau mendekat.

c. Tanaman Dara
     tanaman tapak dara ini mengandung zat yang disebut geraniol dan sitroneol yang ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk.

d. Rosemary
     Tanaman ini baunya mirip dengan minyak telon yang sangat tidak disukai nyamuk. Tanaman ini dapat Anda tanam di luar rumah karena mampu tumbuh subur di bawah sinar matahari.

e. Serai
    Serai memiliki kandungan zat geranjol dan sitroneol sehingga banyak digunakan untuk mengusir nyamuk. Saat ini tanaman ini juga banyak digunakan sebagai lotion pengusir nyamuk.

f. Citrosa Mosquito
    Citrosa moaquito berasal dari Belanda, dengan aroma lemon yang kuat sehingga serangga tidak menyukai akan baunya.

g. Marigold Flower
     Bunga dari tanaman ini sangat tidak sedap yang membuat nyamuk bahkan manusia pun tidak mau  mendekat saat Anda mengoleskan tanaan ini ke tubuh Anda.
h. Akar Wangi

     Tanaman akar wangi memiliki bau yang kuat dan menyengat sehingga tidak disukai oleh nyamuk dan bahkan ekstrak tanaman ini mampu membunuh nyamuk Aedes aegypti.

      Selain beberapa tanaman hias sebagai pengusir nyamuk, terdapat tanaman hias yang dapat Anda gunakan sebagai sayur, contohnya tomat dan cabai. Tanaman tomat dapat mempercantik taman Anda karena buahnya yang merah menarik sehingga akan semakin memperindah taman Anda, begitu juga dengan buah cabai lombok, merah hijau dari tanaman ini akan menambah suasana asri.

       Selain keindahan, tanaman hias sayuran akan memberikan manfaat bagi Anda. Anda tidak perlu berbelanja di pasar karena telah memiliki sayuran di rumah Anda. Beberapa buaah juga sering dijadikan pilihan sebagai tanaman hias. Beberapa buah yang sering dijadikan sebagai tanaman hias antara lain jambu air, sawo, kedondong, jambu biji, mangga, dan masih banyak lagi jenis tanaman buah lainnya yang sering dijadikan sebagai tanaman hias untukmenghias taman rumah.

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.