• Yeva Purnama, S.Pd.
  • Bahasa
  • 2020-01-15 15:55:25
Apa itu DEBAT?

Pengertian Debat

Hasil gambar untuk debat

Pada dasarnya, pengertian debat ada beberapa macam. Untuk bisa memahaminya secara penuh, kamu perlu memahami pengertian dari beberapa sudut pandang. Mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) debat ialah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Lalu, menurut Henry Guntur Tarigan, pakar linguistik, debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia, dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak. Pandangan tak jauh berbeda dikemukakan oleh Asidi Dipodjojo dalam bukunya ‘Komunikasi Lisan.’ Ia berpendapat, debat adalah proses komunikasi lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan pendapat. Kemudian, menurut G. Sukadi, seorang pakar komunikasi, berpendapat bahwa debat adalah saling adu argumentasi antarpribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan.

Dari beberapa pengertian itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa debat berkaitan dengan argumentasi. Dengan begitu, secara sederhana, debat dapat diartikan sebagai beradu argumen atas ide gagasan seseorang dengan orang lainnya.

 

Tujuan Debat

Dalam debat, ada beberapa tujuan yang hendak dicapai. Pertama, memenangkan argumentasi diri atas orang lain. Dengan begitu, ide gagasan yang ditawarkan seseorang dapat dipertimbangkan atau dipilih oleh orang-orang yang menyimak suatu debat.

Kedua, menunjukkan kelebihan atau kebenaran argumentasi diri terhadap orang lain. Dengan begitu, dapat terlihat di mana kelebihan ide gagasan yang ditawarkan.

Dan, ketiga, menanggapi suatu persoalan dengan sudut pandang yang berbeda dengan orang lain. Dengan demikian, orang lain dapat memahami maksud atau ulasan ide gagasan kita sehingga membuka cakrawala berpikir atau sudut pandang lainnya.

 

Etika dalam Debat

Ketika kamu tengah menjadi peserta debat, ada beberapa etika yang harus kamu pegang. Pertama, bertanya secara serius. Artinya, kamu harus sungguh-sungguh bertanya kepada lawan debat, membandingkan paparannya dengan data-data yang memang sudah kamu himpun.

Kedua, kamu tidak boleh menyerang atau menyinggung kekurangan fisik lawan debat. Dalam debat, hal yang diutamakan ialah pertarungan ide gagasan. Oleh sebab itu, ketika kamu ingin menyerang lawanmu dalam debat maka kamu harus menyerang ide gagasannya, bukan fisik lawan debatmu.

Ketiga, utamakan data dan fakta. Untuk dapat mematahkan argumentasi lawanmu, kamu harus mengadu argumentasinya dengan data dan fakta. Jangan adu ide gagasan lawanmu dengan informasi-informasi yang belum jelas juntrungannya atau hoaks.

Dan, keempat, ikuti aturan main yang sudah ditentukan. Setiap pelaksanaan debat, pasti ada aturan main yang telah ditetapkan oleh penyelenggaranya. Mulai dari batas bicara, aturan menyanggah lawan debatmu, hingga tata cara bertanya. Kamu harus mengikuti segala aturan debat itu.

 

Unsur-unsur Debat

Selaiknya produk intelektual manusia lainnya, debat memiliki unsur-unsur yang harus dipenuhi. Berikut unsur-unsurnya:

  1. Memiliki mosi. Pengertian dari mosi ialah topik atau bahasan yang akan diperdebatkan dan mempunyai sifat konvensional. Mosi sangat penting dalam debat karena di dalam debat terdapat pihak-pihak yang pro dan kontra terhadap suatu hal.
  2. Debat harus memiliki pihak pro atau afirmatif. Artinya, dalam debat harus ada pihak-pihak yang setuju terhadap mosi. Biasanya, pihak pro akan memberikan pidatonya terlebih dahulu. Isi dari pidatonya terkait alasan mendukung mosi yang diangkat dalam debat.
  3. Ada pihak oposisi atau pihak kontra. Pihak oposisi pada dasarnya merupakan pihak-pihak yang tidak setuju dengan mosi. Pihak ini berupaya untuk menyanggah atau mengkritik pernyataan-pernyataan dari pihak pro atau bahkan mosi yang diangkat dalam debat.
  4. Adanya pihak netral. Keberadaan pihak netral penting dalam debat untuk memberikan suatu pandangan objektif yang pastinya tidak memihak salah satu pihak, antara pro dan oposisi.
  5. Moderator. Dalam debat, harus ada seorang moderator yang bertugas memimpin jalannya perdebatan. Ia pun bertugas menertibkan jalannya debat, membacakan mosi yang diangkat, serta mengenalkan pihak-pihak yang akan berdebat kepada penonton atau penyimak debat.
  6. Ada notulen. Tugas dari notulen dalam debat ialah mencatat keseluruhan proses debat. Ia juga harus mencatat dan merumuskan isi argumentasi dari pihak-pihak yang tengah berdebat, baik itu pihak pro, kontra, maupun netral. Di akhir debat, notulen bertugas memberikan kesimpulan atas hasil perdebatan yang telah dilakukan.

 

Macam Jenis Debat

Debat memiliki beberapa macam atau jenisnya. Pertama, debat pemeriksaan ulangan atau cross-examination debating. Debat tersebut dilakukan untuk mengetahui kebenaran pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam debat macam ini, akan diajukan pertanyaan-pertanyaan tiap pihak berdasarkan data yang diangkatnya. Sehingga, menyebabkan individu yang diberi pertanyaan dapat mendukung posisi yang ingin ditegakkan maupun diperkokoh oleh pihak yang memberi pertanyaan.

Debat jenis kedua ialah debat parlementer atau assembly or parlementary debating. Debat yang juga dikenal dengan sebutan debat majelis ini merupakan debat yang dilakukan di ranah legislatif. Fungsi debat parlementer ini untuk memberikan maupun menambah dukungan pada suatu undang-undang tertentu. Dalam debat ini, seluruh anggota legislatif berhak mengajukan pendapat atau ide gagasannya, baik mendukung atau menentang, usul yang telah disampaikan setelah diizinkan oleh majelis debat.

Dan, jenis ketiga ialah debat formal. Debat ini dikenal juga dengan sebutan debat konvensional atau debat pendidikan. Tujuan dari pelaksanaan debat ini ialah untuk memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pembicara menyampaikan pada audiens atau peserta debat tentang beberapa argumen maupun gagasan yang dapat menunjang atau menolak usulan. Tentunya, argumen yang disampaikan harus masuk akal, jelas, dan menyangkut kebutuhan bersama.

 

Sumber:

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.